bokir

Bokir, pria dengan nama lengkap Muhammad Bokir bin Dijun lahir di Cisalak Pasar, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 25 Desember 1925. Anak dari pasangan Mak KInang dan Dijun ini sudah mulai tertarik pada kesenian topeng dan lenong betawi sejak berusia 13 tahun. Karir Bokir di dunia seni diawali sebagai pemain kendang sampai rebab.

Kemudian dia mendirikan dan memimpin kelompok topeng Betawi ‘Setia Warga’ sejak tahun 1960-an hingga akhir hayatnya. Mulai tahun 1970-an, muka kocak Bokir mulai sering tampil di layar kaca dan bioskop. Semasa didunia akting 17 film dengan berbagai genre sudah pernah dibintanginya. Dua di antara film itu adalah film ‘Betty Bencong Slebor’ (1978) dan ‘Duyung Ajaib’ (1978). Dalam film itu, Bokir beradu akting dengan seniman Betawi lainnya, Benyamin Sueb.

Sejumlah artis kondang seperti Wakop DKI yang beranggotakan Dono, Kasino dan Indro pernah beradu akting dengannya. Merkea pernah bermain bersama dalam film komedi berjudul “IQ Jongkok” pada tahun 1981. Bokir juga pernah satu film dengan ‘The Queen of Indonesian Horror’, Suzanna pada tahun 1980-an. Sejumlah film dengan genre horor pun pernah dibintangi Bokir. Meskipun tidak berperan sebagai bintang utama, aksi Bokir tetap ditunggu karena menambah film menjadi mearik, kocak dan lucu.

Seperti film horor yang dia lakoni bersama Suzanna, aksi Bokir mambuat film tersbut menjadi menarik, tidak monoton ada seramnya ada juga lucunya. Salah satu ciri khas yang menjadi ikon Bokir adalah gigi miliknya. Selain dunia film, dunia sintron juga pernah dirambah oleh paman dari Omas dan Mandra ini. ‘Koboi Kolot’, ‘Fatimah dan Angkot Haji Imron adalah beberapa sinetron yang pernah dibintangi Bokir. Bokir, tutup usia saat berusia 76 tahun pada 18 oktober 2002. Ia meninggalkan seorang istri , lima anak dan sembilan cucu. Bokir tinggal bersama istri ketiganya, Namah menjelang akhir hayatnya. Bokir dan kelompoknya tampil untuk terakhir kalinya pada september 2002 disebuah hajatan di Cilangkap. Bokir bermain dengan Bolot, Bodong dan Malih memainkan cerita ‘Salag Denger’.

http://uniqpost.com/77329/seniman-asli-betawi-itu-bernama-bokir/