1. Jelaskan definisi system informasi akutansi menurut anda ?

2. Jelaskan peranan SIA dalam rantai nilai atau value chain ?

3. Sebutkan dan jelaskan pihak eksternal dan pihak internal pengguna utama informasi akuntansi ?

4. Jelaskan fungsi SIA dalam suatu organisasi ?

5. Sebutkan dan jelaskan aplikasi-aplikasi teknologi pada suatu organisasi, minimal 5 ?

 

  1. Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.

  1. Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam Rantai Nilai (VALUE CHAIN)

Pada umumnya organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tsb membutuhkan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan dalam bentuk rantai nilai (value chain). Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
1. Inbound logistics terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2. Operasi (operations) adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
3. Outbond logistics adalah aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4. Pemasaran dan penjualan mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
5. Pelayanan (service) memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan.

 

  1. Pihak internal

Manajemen berkepentingan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk tujuan pengendalian/controlling, pengkoordinasian/coordinating dan perencanaan/planning suatu perusahaan. pihak yang melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian organisasi seperti dewan direksi, manajer pemasaran, kepala bagian produksi.

  1. Pihak external

Pihak eksternal yakni pihak-pihak yang berada diluar perusahaan atau lembaga, akun tetapi mereka membutuhkan informasi keuangan perusahaan tersebut, antara lain : investor, calon investor, kreditor, pemerintah, karyawan (pelanggan atau masyarakat).

  1. Pemilik/investor dan calon pemilik

Pemilik memerlukan akuntansi untuk memenuhi posisi maju/mundurnya perusahaan, sehingga ia dapat menentukan apakah akan mempertahankan perusahaannya, menjual atau menanam modalnya di perusahaan lain.

Calon pemilik dapat menentukan apakah dia akan menanamkan modalnya pada perusahaan itu.

  1. Kreditor dan calon kreditor

Informasi akuntansi berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman, sehingga dapat dijadikan pedoman apakah akan di tambah pinjamannya atau justru akan ditarik pinjaman yang telah diberikan.

Bagi calon kreditor berguna untuk menilai resiko yang akan terjadi sebelum pinjaman diputuskan ataru diberikan.

  1. Pemerintah

Informasi akuntansi bai pemerintah sangan berguna untuk tujuan pajak dan pengaturannya, pemeriksaan terhadap kebenaran jumlah pajak yang dilaporkan, dan sebagai lat penilai apakah perusahaan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, serta pemantauan perkembangan perusahaan melalui Biro Pusat Statistik.

  1. Karyawan

Informasi ekonomi bagi karyawan akan berguna untuk mengetahui kelangsungan hidupnya, maju mundurnya perusahaan yang berguna untuk kemantapan kerja, pertimbangan naik turunnya gaji dan jaminan social.

  1. Pelanggan

Informasi ekonomi berguna untuk mengevaluasi hubungan usaha hubungan usaha dengan perusahaan, dan menentukan kelanjutan hubungan di masa mendatang.

 

  1. Fungsi SIA dalam organisasi bermula dari struktur organisasi yang sederhana sampai dengan struktur organisasi yang komplek, yang melibatkan beberapa speialis yang bermutu.

 

  1. Web Commerce

Penjualan melalui World Wide Web sebagai bagian dari perekonomian. Salah satu manfaat bagi pelanggan adalah tidak perlu menunggu pada suatu antrean pembelian. Salah satu manfaat bagi pedagang adalah pemghematan biaya pemrosesan pemesanan, karena dilakukan secara otomastis.

  1. Pertukaran data elektronik (EDI)

EDI adalah pertukaran dokumen bisnis dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan komunikasi

  1. Computer-integrated manufacturing (CIM)

adalah pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi pada perusahaan-perusahaan manufaktur.

  1. Electronic funds transfer systems

adalah sistem pembayaran via bank dilakukan secara elektronik terpadu.

Sumber : http://tumpalmanik.com/gallery/bab%201%20(sia).pdf

Sumber : http://muhkhudrimalik.wordpress.com/2009/01/22/bab-i-sejarah-pengertian-pemakai-dan-macam-akuntansi/

 

http://mamet89.wordpress.com/2010/11/25/fungsi-sistem-informasi-akuntansi/